Tips Cermat Mempersiapkan Bisnis/Usaha Pasca Pensiun

Saat kita aktif sebagai karyawan di sebuah perusahaan, kita semua sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Sehingga terkadang seseorang tidak memiliki rencana apapun saat pensiun tiba nanti. Padahal pada saat tersebut, kebutuhan yang harus dipenuhi masih cukup tinggi atau Anda masih membutuhkan aktivitas tertentu untuk mengisi hari-hari pasca pensiun nanti. Untuk merencanakan masa pensiun dengan lebih baik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini, iniopiniku.com akan berbagi untuk Anda:

1. Pertama, Anda perlu memikirkan apa yang Anda lakukan setelah pensiun, mungkin berhubungan dengan hobi atau sesuatu yang Anda senangi. Menjadi dosen atau pengusaha di bidang tertentu. Jika Anda tahu apa yang harus Anda raih, tentunya kan lebih mudah untuk mempersiapkannya.

2. Kedua, jika Anda telah mempersiapkan apa yang ingin diraih, mulailah mencari sumber-sumber sebagai referensi yang bisa menolong Anda mendapatkan gambaran tentang apa yang bisa Anda hasilkan nanti. Sumber referensi tidak hanya bisa Anda dapati dari buku-buku, namun juga tersebar di internet.

3. Ketiga, bergaulah dengan orang-orang yang sukses di bidang yang ingin Anda geluti. Misalnya, jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, bergaulah dengan orang-orang yang tepat akan menolong Anda untuk ‘tidak’ melakukan kesalahan yang telah diperbuat oleh pengusaha-pengusaha sukses itu sebelumnya, sehingga Anda bisa meminimalisasi risiko kegagalan bisnis Anda. Hal ini juga bisa Anda peroleh melalui milis-milis wirausaha ataupun rutin mengikuti seminar-seminar enterpreneur yang mendatangkan narasumber-narasumber yang sukses di bidangnya.

4. Keempat, mulailah melakukan tahapan-tahapan kecil atas apa yang ingin Anda raih nanti saat pensiun tiba, misalnya, jika Anda ingin menjadi pengusaha, ingatlah bahwa dibutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 5 tahun untuk bisa survive dalam sebuah bisnis. Tidak ada bisnis yang begitu dimulai, langsung berkembang dengan pesat. Semuanya membutuhkan waktu. Jika Anda terlambat memulai, maka tentunya Anda juga akan terlambat menuai hasilnya. The Earlier, The Better. Jadi, memang saat yang tepat untuk memulai usaha pasca pensiun adalah sebelum masa pensiun itu tiba.

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari iniopiniku.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner


22. November 2012 by admin
Categories: Tips | Tags: , | Leave a comment