Soal Psikotes : Pasangan Gambar 1 (8 Soal)

Sebagaimana artikel sebelumnya tentang Soal Psikotes : Analog Verbal, berikut ini, iniopiniku.com akan mengupas contoh soal psikotes yang lain, yang seringkali menjadi ‘batu sandungan’ bagi para calon pegawai/pelamar dalam mengerjakan rangkaian psikotes.

Buku-buku psikotes yang beredar di pasaran saat ini, kadangkala materinya lebih mengarah pada Tes Potensi Akademik (TPA), sehingga belum memberikan gambaran utuh kepada calon pegawai/pelamar dalam menghadapi tes psikologi atau psikotes.

Untuk itu, berikut ini saya akan kembali berbagi Soal Psikotes yang lain yaitu : Pasangan Gambar 1, yang berjumlah 8 soal, dengan durasi waktu 13 menit. Selain dijumpai pada rangkaian psikotes, soal psikotes model ini seringkali dijumpai secara terpisah pada seleksi penerimaan Program Pendidikan Eksekutif Bank Niaga (PPE Niaga). Petunjuk mengerjakan Soal Psikotes : Pasangan Gambar 1 adalah “Gambarlah pasangannya dengan tepat dengan mencocokkan kotak-kotak di bawah ini”:

Apabila masing-masing soal berisi 15 kotak, maka Anda harus mencocokan 120 soal dalam waktu 13 menit. Artinya Anda hanya diberi waktu lebih kurang 0,1 menit atau 6 detik untuk masing-masing kotak. Waktu yang cukup singkat. Adapun tips rahasia agar sukses mengerjakan Soal Psikotes : Pasangan Gambar 1 ini adalah sebagai berikut:

1. Sambil mengerjakan soal, hafalkan posisi 10 gambar, sehingga Anda akan lebih mudah menemukan gambar yang dimaksud.

2. Hafalkan 2-4 pasangan gambar yang bentuknya unik atau sederhana.  Hal ini akan lebih menghemat waktu pengerjaan. Sebab, Anda tidak perlu menengok ke soal lagi secara berulang, untuk menemukan pasangan gambar yang ditanyakan.

3. Anda bisa mencari 2 pasangan gambar sekaligus.

4. Setiapkali Anda akan selesai mengerjakan soal sebelumnya, lirik soal gambar berikutnya. Hal ini akan mempercepat pencarian pasangan gambar.

5. Atau Anda bisa melakukan “Analogi bentuk”, misalnya untuk Soal Gambar ke-2 bisa dianalogkan dengan bentuk kursi dengan pasangan batang kayu. Artinya kayu terbuat dari batangkayu, lalu Soal Gambar ke-3 bisa dianalogkan dengan Tongkat dengan pasangan tanda “sama dengan”. Artinya Tongkat sama dengan orang tua, dan seterusnya, ambilah analog yang paling mudah Anda hapalkan.

Selamat Berlatih :)

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari iniopiniku.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner


02. September 2012 by admin
Categories: Opini Karir, Tips | Tags: , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *

*