Tips Cara Merawat Kain Kaftan Dengan Benar

Menyambut Ramadan 1433 H, pusat-pusat perbelanjaan terlihat mulai menampilkan tema-tema busana muslimah, terutama Kaftan (menurut kamus berarti baju panjang). Busana yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi Syahrini ini masih diminati masyarakat sebagai alternative busana di bulan Ramadhan sekarang. Kain kaftan memiliki karakteristik khusus, sehingga perawatannya pun harus tepat. Berikut ini Tips bagaimana cara merawat Kain Kaftan dengan benar, berdasarkan jenisnya:

1. Kaftan Satin. Jika Anda memiliki busana kain kaftan satin, hendaknya mencuci menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Hindari memeras satin untuk mencegah kerusakan serat-serat halusnya. Sebelum dicuci, sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 10 menit, dan jangan dicuci menggunakan mesin cuci. Lebih baik diucek sedikit dengan ekstra lembut dan hati-hati, kemudian bilas 3-4 kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen. Lalu jemur tanpa diperas.

2. Kaftan Katun. Mencuci kaftan katun bukan hal yang sulit. Anda hanya memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Sebelum mencucinya, teliti noda terlebih dahulu, dan cara terbaik untuk membersihkan noda adalah dengan mencuci menggunakan pembersih khusus penghilang noda pakaian sehingga noda yang bersarang pada busana kaftan berbahan katun bisa hilang dengan cara pencucian normal.

3. Kaftan Sifon. Jika Anda mencuci kain kaftan jenis ini baiknya dicuci tidak menggunakan air hangat karena akan menyusut. Sebaiknya dicuci dengan suhu ideal 40 derajad celcius menggunakan deterjen lembut seperti deterjen bayi. Bila menggunakan mesin cuci, jangan mencampur kain sifon ini dengan bahan lain, karena bisa membuatnya rusak. Mencuci terlalu lama juga bisa membuat warna kain menjadi cepat pudar.Sebaiknya, jangan menggunakan pengering cucian (dryer) untuk mengeringkan kaftan dari bahan sifon. Mengeringkan dengan diangin-anginkan merupakan pilihan tepat.

Anda Ingin Berlangganan Free-Artikel Dari iniopiniku.com?
Daftarkan e-mail Anda di bawah ini dan pastikan verifikasi melalui email Anda:

Delivered by FeedBurner


24. July 2012 by admin
Categories: Tips | Tags: , , , , | Leave a comment

Leave a Reply

Required fields are marked *

*